NEWS

Cara Menggunakan Genset dengan Benar

POSTED ON Jan 25, 2019

Genset merupakan alat yang sangat membantu tapi juga bisa membahayakan jika tidak digunakan dengan benar, berikut ini adalah beberapa tips cara penggunaan generator set dengan benar. Apa saja? Berikut ini adalah ulasannya. 

Hindari Penggunaan Genset di Dalam Ruangan

Hal pertama yang perlu anda hindari ketika menggunakan genset adalah menggunakannya di dalam ruangan. Penggunaan generator set didalam ruangan dapat menyebabkan banyak hal yang membahayakan. Apa saja? Berikut ulasannya.

Cara operasi genset

  • Poisoning

Salah satu hal yang menyebabkan penggunaan generator set menjadi berbahaya adalah adanya poisoning yang bisa terjadi. Penggunaan generator set dapat menimbulkan emisi gas CO atau karbon monoksida kedalam ruangan. Senyawa ini akan memenuhi ruangan dan ketika orang masuk ke ruangan tersebut dapat menyebabkan keracunan dan meninggal.

  • Menyebabkan mesin panas

Ketika digunakan generator set mengeluarkan 2 energi yaitu energi listrik yang dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas juga energi panas. Energi panas yang di satukan dalam sebuah ruangan pada akhirnya akan menyebabkan mesin menjadi makin panas. Hal ini juga bukan hal yang menguntungkan untuk dilakukan. Jika bisa tempatkan generator set  di luar ruangan pada saat digunakan sehingga ada pendingin alami yang dimilikinya.

Dikarenakan cara kerja genset yang bisa menyebabkan panas dan menghasilkan polusi dan udara berbahaya untuk manusia, genset harus ditaruh di luar ruangan.

Hindari Penggunaan Genset pada Cuaca Hujan

Karena digunakan di luar ruangan Genset sebaiknya digunakan pada saat cuaca cerah satu tidak hujan. Hal ini disebabkan karena pengaruh cuaca seperti air hujan dapat mempengaruhi bahan bakar sehingga bahan bakar menjadi buruk. Jika memang terpaksa menggunakan generator set pada saat cuaca hujan pastikan anda memiliki tenda yang khusus digunakan untuk generator set sehingga dapat melindunginya serta tidak menyebabkan masalah pada panasnya.

Isi Bahan Bakar pada saat Genset Dingin

Sesungguhnya cara yang tepat untuk mengisi bahan bakar pada generator set yang anda milik adalah pada saat sebelum menggunakannya. Pada saat sebelum menggunakan generator set kondisi generator set masih dingin sehingga dapat menghindari hal yang tidak diinginkan. Jika anda mengisi bahan bakar pada saat generator set panas atau setelah digunakan, maka hal yang buruk seperti masalah kebakaran Genset mungkin tidak bisa dihindari.