NEWS

Apa itu Genset dan Bagaimana Cara Kerjanya?

POSTED ON Jan 25, 2019

Pengertian paling mudahnya Genset merupakan singkatan dari generator set. Produk ini merupakan sebuah perangkat portabel yang terdiri dari mesin dan juga alternator atau elektrik generator. Tujuan penggunaan generator set ini adalah untuk menghasilkan energi. Generator set ini sering kali digunakan pada area yang masih dibangun dan juga sebagai penghasil listrik cadangan di Indonesia. Mereka yang membutuhkan listrik dengan daya yang tinggi untuk satu waktu juga dapat menggunakan produk ini untuk membantu mencakup kebutuhan daya mereka. Selain itu generator set juga biasa digunakan pada tempat-tempat yang memiliki resiko yang tinggi seperti pada pertambangan yang dalam dan juga tempat-tempat yang memiliki potensi bencana yang tinggi untuk menghindari resiko pada pengguna umumnya.

Cara Kerja Genset

Generator set bekerja dengan menggunakan kombinasi dari primer mover dan juga alternator seperti yang disebutkan sebelumnya, Genset bekerja dengan mengubah energi kimia yang berupa bahan bakar yang digunakan dalam genset menjadi sebuah energi listrik. Energi dari bahan bakar digunakan untuk memutar rotor alternator sehingga menyebabkan energi mekanik dari bahan bakar berubah menjadi energi listrik.

Cara Kerja Genset

Untuk alternator sendiri terdiri dari 2 jenis spare part yaitu rotor dan juga stator. Memutar bagian rotor dari alternator akan menyebabkan munculnya voltase pada bagian alternator stator. Hal ini disebabkan karena munculnya fenomena induksi elektromagnetik yang dihasilkan dari putaran ini. Anda tentu sudah pernah mempelajari mengenai induksi magnetik ini pada saat berada di sekolah bukan? Ketika voltase yang ada di stator dihubungkan dengan kabel, maka akan terjadi aliran elektron dan pada akhirnya generator set yang dinyalakan akan berhasil menghasilkan daya listrik.

Baca juga: Manfaat Menggunakan Genset

Jenis mesin yang digunakan untuk membangkitkan energi ini ada banyak jenisnya, jika mesin yang digunakan adalah mesin diesel, maka generator set yang menggunakan mesin tersebut akan disebut sebagai generator set diesel. Jenis generator set diesel ini merupakan jenis generator set yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Hal ini disebabkan karena bahan bakar Genset diesel memiliki harga yang paling murah.