NEWS

Manfaat Menggunakan Genset

POSTED ON Jan 25, 2019

Genset atau kepanjangan dari generator listrik merupakan perangkat yang dimiliki oleh banyak bidang. Mulai dari kebutuhan rumah tangga hingga kebutuhan komersil seperti untuk perusahaan atau untuk supermarket. Penggunaan generator set  ini dilakukan untuk banyak tujuan. Tujuan ini antara lain adalah sebagai berikut ini.

Manfaat Genset: Sebagai sumber listrik sampingan

Salah satu tujuan dari penggunaan generator set adalah sebagai sumber listrik sampingan. Sumber listrik utama di Indonesia masih merupakan sumber listrik dari pemerintah. Akan tetapi, karena sering diadakan pemadaman bergilir atau perbaikan perangkat kelistrikan masalah pemadaman listrik menjadi salah satu hal yang sangat sering terjadi di Indonesia. Untuk kebutuhan rumah tangga kecil tentunya masalah pemadaman ini bukan masalah yang besar. Beda cerita jika anda memiliki perusahaan atau usaha, mati listrik dapat menyebabkan kerugian yang besar sehingga penggunaan Genset sebagai energi cadangan perlu dilakukan.

Manfaat Genset: Menghemat daya ketika dibutuhkan dalam jumlah yang besar

Selain untuk energi cadangan, penggunaan generator set  juga banyak digunakan untuk kebutuhan lainnya. Kebutuhan lainnya yang dimaksud seperti penggunaan untuk kebutuhan listrik dalam jumlah besar untuk waktu tertentu. Jika anda tinggal di daerah pedesaan di Indonesia, maka anda akan cukup sering melihat pesta pernikahan yang diadakan di rumah. Pernikahan di rumah ini tidak mungkin digelar jika tidak ada genset yang digunakan pasalnya penggunaan sound system merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan di dalam pernikahan sedangkan untuk menghidupkan sound system daya listrik yang dimiliki oleh rumah masyarakat Indonesia pada umumnya tidak mungkin mencakupinya. Saat itulah generator set  digunakan.

Penempatan Genset pun tidak boleh sembarangan, harus dilakukan di luar ruangan sehingga tidak mengotori udara dengan udara pembuangan yang dapat menyebabkan keracunan.

Manfaat Menggunakan Genset

Selain untuk acara pribadi, acara-acara umum seperti konser atau acara dengan sound system lainnya tentu juga dilakukan dengan menggunakan generator set . Jadi sudah jelas bukan mengenai manfaat dan penggunaan dari generator set ini? Generator set memang lebih banyak digunakan untuk kebutuhan komersil. Hal ini mengingat harga dari generator set sendiri yang tidak murah. Apalagi jenis Genset dengan bahan bakar gas natural yang saat ini sedang marak.