NEWS

Tips Penempatan Genset

POSTED ON Jan 25, 2019

Ketika anda memiliki Genset dan akan menggunakannya, maka anda tidak boleh menggunakannya dengan sembarangan. Pastikan bahwa anda mengetahui cara tepat untuk penggunaan generator set agar penggunaannya aman dilakukan. Salah satu hal yang perlu diketahui adalah mengenai penempatan dari generator set ketika digunakan. Berikut ini adalah  beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menempatkan generator set ketika digunakan.

Penempatan Genset: Jangan terlalu dekat dengan rumah

Ketika akan menggunakan generator set pastikan anda tidak menempatkan generator set di tempat yang terlalu dekat dengan pemukiman. Misalnya terlalu dekat dengan rumah anda jika digunakan secara pribadi. Hal ini sangat penting mengingat generator set biasanya memiliki suara yang sangat kencang. Hal ini akan menyebabkan polusi suara yang pastinya mengganggu aktivitas anda dan keluarga. Selain itu penggunaan generator set juga  memiliki efek buruk yang lebih berbahaya. Efek buruk tersebut adalah  mengenai emisi yang dimilikinya.

Salah satu jenis generator set yang populer di Indonesia adalah generator set dengan bahan bakar solar. Genset dengan bahan bakar solar sangat terkenal karena lebih murah dari segi biaya tapi memiliki kekurangan dari segi emisinya. Emisi yang dikeluarkan oleh produk ini sangat banyak sehingga jika di pasang di dekat pemukiman akan menyebabkan masalah pada kesehatan. Emisi yang dikeluarkan oleh Genset solar adalah CO atau karbon monoksida sehingga akan menyebabkan keracunan jika digunakan dekat dengan tempat tinggal. Baik tempat tinggal anda satu tetangga anda.

Cara untuk mengisi bahan bakar Genset juga harus diperhatikan, karena ada potensi tersambar ketika Anda mengisi dalam keadaan menyala, jadi harus dilakukan dalam keadaan mati.

Tips Penempatan Genset

Penempatan Genset: Jangan menggunakannya di garasi

Selain menempatkannya di dekat rumah, pastikan anda juga menghindari penempatan generator set anda di dalam garasi meskipun dengan membuka pintu. Menempatkan generator set yang hidup di ruangan yang tertutup dapat menyebabkan banyak masalah. Salah satunya adalah masalah emisi yang berlebihan yang akan ada di dalam ruangan. Hal lainnya yang menyebabkan penggunaan generator set di dalam ruangan seperti garasi di larang adalah masalah panas yang ditimbulkan. Energi panas yang dihasilkan pada Genset yang hidup dapat menyebabkan bahaya jika tidak dilepaskan ke udara bebas.  Anda tentu tidak mau mengambil resiko bukan?