NEWS

Cara Mengisi Ulang Bahan Bakar Genset

POSTED ON Jan 25, 2019

Cara lain dalam penggunaan genset yang perlu diperhatikan adalah mengenai cara mengisi ulang bahan bakar genset yang benar. Ya, bahkan mengenai cara pengisian bahan bakar juga tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Mengapa dan bagaimana? Berikut ini adalah ulasannya.

Bahaya Mengisi Bahan Bakar Genset dengan Cara Salah

Generator set merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk mengubah energi bahan bakar menjadi energi listrik dengan jalur  pengubahan energi mekanik. Pada prosesnya ini akan dihasilkan energi panas yang perlu disalurkan ke udara. Energi panas yang juga dihasilkan dalam pengubahan inilah yang berbahaya dan dapat menyebabkan Genset mengalami kebakaran. Lalu bagaimana caranya untuk mengisi generator set dengan benar? Berikut ini adalah ulasannya.

Cara Pengisian Bahan Bakar Genset Solar

Bahan Bakar Genset Jangan Sampai Benar-Benar Habis

Hal pertama yang perlu anda perhatikan ketika akan mengisi bahan bakar dari genset adalah mengenai level bahan bakar yang dimiliki oleh generator set anda. Ketika menggunakan generator set pastikan anda selalu mengecek level bahan bakar yang dimilikinya. Hal ini guna memastikan bahwa generator set memiliki bahan bakar yang cukup untuk menjalankan pekerjaannya. Jika generator set kehabisan bahan bakar, maka hal ini bisa menjadi masalah besar. Salah satunya adalah mengenai asupan listrik yang akan terpadam. Selain itu masalah generator set yang kehabisan bahan bakar ini menjadi lebih parah lagi karena dapat menyebabkan kerusakan pada generator set itu sendiri.

Jangan Langsung Mengisi Genset yang Hidup

Lalu kapan waktu yang tepat untuk mengisi bahan bakar generator set anda? Waktu yang tepat untuk mengisi generator set yang anda miliki adalah ketika anda memastikan bahwa generator set yang anda miliki masih cukup memiliki bahan bakar. Lakukan pemantauan sampai pada level bahan bakar tertentu kemudian isi bahan bakar dari generator set anda.

Ketika akan melakukan pengisian, pastikan anda mematikan terlebih dahulu generator set yang anda akan nyalakan.  Setelah itu diamkan hingga 15 menit satu setidaknya sudah dingin baru bisa dilakukan pengisian bahan bakar untuk Genset anda.