NEWS

Jenis Genset Solar (Genset Silent / Open) Berdasarkan Penggunaannya

POSTED ON Jan 25, 2019

Genset solar merupakan salah satu jenis genset dibedakan berdasarkan  bahan bakar yang digunakan. Selain berdasarkan bahan bakar yang dimilikinya, generator set  juga bisa dibedakan berdasarkan penggunaannya. Untuk jenis penggunaannya, jenis generator set bisa dibagi menjadi beberapa jenis seperti berikut ini.

Genset Kapasitas Besar - Genset Silent & Genset Open (8 kVA s/d 10.000 kVA)

Merupakan salah satu jenis genset yang bisa dibilang harganya paling mahal. Jenis generator set ini merupakan jenis generator set yang di pasang menyambung dengan instalasi listrik rumah / gedung / bank / rumah sakit atau hotel.

Tipe Genset Solar - Genset Silent

Tujuannya adalah jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti pemadaman bergilir tanpa ada pemberitahuan listrik di sebuah rumah tidak akan terganggu karena dapat langsung menyala. Kelebihan dari jenis generator set ini adalah mengenai manfaatnya yang sangat memudahkan. Tapi sayangnya jenis generator set ini memiliki harga yang mahal sehingga tidak cocok digunakan untuk kebutuhan rumah tangga menengah. Selain itu produk generator set ini juga memiliki kekurangan berupa masalah instalasinya yang sulit dan cukup mahal.

Genset ini terbagi menjadi genset silent dan genset open. Dan memiliki kapasitas yang jauh lebih besar dibandingkan dengan portable genset, dan sifatnya tidak portable dikarenakan beratnya yang biasa melebihi 500 kg.

Baca juga: Jenis Genset Solar, Genset Silent atau Genset Open

Portable Genset (5500 Watt s/d 12000 Watt)

Selanjutnya genset solar yang mudah ditemukan di Indonesia adalah generator set portable. Generator set portable ini merupakan jenis generator set yang memiliki kelebihan berupa dapat mudah dipindahkan. Untuk penggunaannya jenis generator set ini biasanya digunakan untuk kebutuhan event khusus yang diselenggarakan di tempat umum seperti di taman di lapangan dan ditempat lainnya. Biasanya jenis generator set ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan menghasilkan noise yang tinggi.