NEWS

Jenis Genset Solar, Genset Silent dan Genset Open

POSTED ON Jan 25, 2019

Genset solar di pasaran bisa ditemukan dalam beberapa jenis. Apa saja? Berikut ini adalah ulasannya.

Genset Solar (Genset Silent / Open)

Berdasarkan tipe kanopinya, ada Genset Silent dan Genset Open. Genset silent adalah tipe genset yang ditutup dengan kanopi besi dengan sound-proofing sehingga menghasilkan genset dengan suara yang lebih sunyi. Sedangkan genset open tidak memiliki kanopi sehingga memiliki bunyi yang lebih nyaring tetapi harganya lebih terjangkau.

Baca juga: Kekurangan Genset Silent / Open Diesel

Generator set solar adalah generator set yang memiliki ukuran yang besar, jenis generator ini banyak digunakan untuk acara tapi membutuhkan tenaga yang besar untuk pemindahannya. Kelebihan yang dimilikinya adalah tingginya daya tahan yang dimilikinya apalagi jika perawatan dilakukan dengan baik. Selain itu produk generator set solar ini juga memiliki kelebihan berupa tidak mudah terbakar jika dibandingkan dengan generator set dengan bahan bakar bensin. Sayangnya kekurangan dari generator set ini adalah keberadaan emisi yang tinggi yang membuatnya tidak ramah dengan lingkungan.

jenis genset silent solar

Genset Bio Diesel

Selain generator set dengan solar biasa, anda juga bisa menemukan generator set yang menggunakan bahan bakar berupa bio diesel. Penggunaan bahan bakar ini membuat generator set ini menjadi lebih ramah lingkungan. Karena tidak menggunakan bahan bakar yang terpaku pada penggunaan minyak fosil yang tidak mudah diperbaharui.

Bahan bio diesel merupakan bahan bakar disel yang dicampur dengan minyak dari tanaman den juga lemak dari hewan. Hal inilah yang menyebabkan bahan bakar dari generator set bio disel ini menjadi lebih ramah pada lingkungan. Akan tetapi, jika dilihat dari emisinya, jenis generator set ini masih memiliki emisi yang cukup tinggi. Tapi tidak lebih tinggi daripada generator set dengan bahan bakar bensin.

Selain memiliki sifat seperti yang disebutkan sebelumnya, produk generator set bio disel juga memiliki sifat lain seperti produk genset solar yang tahan lama, tidak mudah terbakar dan dapat disimpan untuk tidak digunakan dalam batas waktu 2 tahun.

Genset Emulsified Diesel

Jenis generator set yang terakhir adalah generator set emulsifed diesel. Jenis generator set emulsifed ini menggunakan bahan bakar yang lebih ramah terhadap lingkungan karena genset solar menggunakan bahan bakar campuran solar dengan air. Ia juga  lebih ramah lingkungan lagi karena emisi yang dihasilkannya lebih sedikit dan tidak menghabiskan cadangan bahan bakar di alam