NEWS

Tips Memulai Bisnis Bagi Seorang Pemula

POSTED ON May 2, 2019

Sekarang ini pemikiran menjadi pengusaha sedang menjadi trend, terlebih lagi di kalangan anak-anak muda. Kebebasan dalam pengelolaan seperti jam kerja dan cara kerja menjadi salah satu alasan mengapa orang-orang tertarik menjadi usaha. Selain itu berbisnis juga menjanjikan pendapatan yang cukup lumayan.

Namun untuk menjalankan bisnis hingga bisa menghasilkan pendapatan yang cukup tinggi membutuhkan proses yang tidak mudah. Ada banyak pengorbanan yang harus dikeluarkan untuk menjaga bisnis supaya bisa stabil berjalan dan terus berkembang.

Jangankan untuk mempertahankannya, untuk memulai bisnis saja bukan perkara mudah. Banyak orang-orang yang bercita-cita memiliki bisnis sendiri akhirnya mengubur dalam-dalam mimpinya ini karena tidak berani mengambil resiko untuk memulainya.

Untuk Anda para pemula berikut beberapa tips dari Scott Gerber untuk memulai bisnis.

Fokus di satu peluang bisnis.

Pada dasarnya semua peluang bisnis itu bagus, Anda hanya perlu fokus pada satu peluang dimana Anda cukup menguasai bidang tersebut. Fokus kerjakan satu peluang bisnis, kemudian curahkan segenap pemikiran untuk mengelola bisnis tersebut.

Dengan fokus pada satu jenis bisnis, Anda akan bisa lebih all out dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis tersebut.

Lakukan hal yang Anda minati.

Jangan sekedar mengacu pada keuntungan atau gengsi. Menjalankan bisnis harus berdasarkan minat. Pilih lini bisnis yang benar-benar Anda minati. Menjalankan sesuatu yang Anda suka atau minati tentu akan lebih mudah. Anda bisa mencurahkan segenap hati Anda untuk bisnis tersebut dan Anda bisa menjalankan bisnis tidak setengah-setengah.

Kuasai segala hal tentang bisnis Ada.

Pastikan Anda benar-benar paham dengan bisnis yang Anda geluti. Setiap lini bisnis membutuhkan penanganan yang berbeda-beda dan Anda harus benar-benar menguasainya. Anda bisa learning by doing. Banyak-banyaklah mencari referensi dan jangan malu belajar dari orang lain.

Milikilah konsep yang baik.

Sebuah bisnis tanpa konsep yang baik akan stuck dan tidak akan berjalan kemana-mana. Konsep dari sebuah bisnis akan menunjukkan ciri khas dan meningkatkan potensi untuk lebih dikenal. Dengan konsep yang unik dan baik, bisnis Anda akan mudah dilirik.

Bertindak dan selalu belajar dari kegagalan.

Jangan hanya berkata-kata. Mulai saja. Pasti akan gagal pada awalnya. Belajar dari kegagalan tersebut, analisa mengapa bisa gagal, kemudian perbaiki untuk menjalankan bisnis supaya lebih baik.