NEWS

Pemerintah Tanggap dalam Membenahi Perekonomian

POSTED ON Mar 10, 2016

Sepertinya strategi pemerintah Indonesia dalam menghadapi ekonomi yang tidak stabil bisa diacungi jempol. Karena pada akhir tahun sebelumnya nampak keadaan ekonomi Indonesia yang tidak bisa dibilang baik. Hal ini merupakan pengaruh dari perekonomian China yang melemah, pasalnya banyak perdangan komoditas di Indonesia yang memasarkan barangnya pada China, sehingga dengan kondisi pelemahan ekonomi China hal ini memberi dampak pada perekonomian Indonesia yang juga terhambat. Namun tentunya kita tidak bisa hanya berdiam saja, menunggu perekonomian negara lain untuk bangkit. Karena kita sendiri punya keperluan dan kebutuhan masyarakat yang tentunya harus tetap dipenuhi. Untuk mensiasati hal tersebut nampaknya pemerintah Indonesia berhasil menemukan solusi dan menanggapi keadaan tersebut dengan baik.

Sejak awal tahun 2016 ini, di tengah dilema yang diakibatkan oleh melemahnya perekonomian China, pemerintah mengambil inisiatif untuk melakukan pencairan anggaran yang lebih cepat daripada biasanya. Dengan kinerja dari pemerintah yang lebih cepat ini tentunya membawa pengaruh yang sangat baik bagi perekonomian di Indonesia. Sebenarnya pada awal tahun ini, nampaknya perdagangan di China nampak membaik dan sudah menunjukkan tanda-tanda keuntungan, namun hal itu masih perlu diamati karena pergerakan perekonomian suatu negara tidak pernah stabil, selalu saja ada hal yang menyebabkan kenaikan dan penurunan pada ekonomi suatu negara karena semua isu terkait dan saling mempengaruhi antara satu dengan yang lainnya.

Negara berkembang seperti Indonesia yang banyak melakukan kerjasama ekonomi dengan negara China bisa sangat banyak mendapat dampak dari hal tersebut. Maka dari itu dengan adanya pencairan anggaran yang makin dipercepat dari sebelumnya, hal ini akan berdampak baik bagi perekonomian Indonesia. Daya beli masyarakat tetap stabil dan tidak kenaikan sehingga tentunya ini menjadi hal yang sangat baik di kalangan masyarakat terutama yang berada di status ekonomi menengah ke bawah. Karena masyarakat itulah yang biasanya paling susah ketika perekonomian negara menjadi tidak menentu. Untungnya pemerintah Indonesia cepat tanggap dalam menghadapi perekonomian ini dan tidak hanya berdiam diri demi kesejahteraan semua lapisan masyarakat.