NEWS

Indeks Saham BISNIS-27 Semakin Maju

POSTED ON Feb 24, 2016

Bisnis27 adalah sebutan untuk sebuah bisnis perdagangan saham yang menggabungkan 27 saham menjadi satu. Pada hari ini di awal pembukaan indeks saham berada di angka 0,08 persen, namun pada tengah hari nampaknya indeks bisnis27 yang sebenarnya bisa menguat tajam hanya mengalami pelonjakan sebanyak 0,03 persen saja. Hal ini bukan tanpa alasan. Karena antara saham yang satu dengan yang lainnya selalu berpengaruh. Kali ini indeks bisnis27 menjadi tidak bisa bergerak jauh karena adanya penurunan pada saham berskala besar seperti BRI dan juga Telkom, maka karena hal tersebutlah akhirnya tidak ada kenaikan saham bisnis27 yang bisa melonjak drastis karena adanya hambatan dari dua saham besar tersebut.

Dari total 27 saham yang ada pada bisnis27, maka hanya sekitar 16 buah saham saja yang berhasil menguat, itu pun kenaikannya tidak begitu besar hingga mendongkrak kedudukan bisnis27, sisanya sebanyak 9 saham dalam bisnis27 merosot turun, namun untungnya tidak begitu drastis juga dan 2 saham lainnya berada dalam keadaan stabil tanpa adanya perubahan yang berarti. IHSG sebagai tolok ukurnya menguat sebanyak 0,37 persen dari keadaan awalnya. Namun dengan adanya kenaikan yang sedikit ini setidaknya bisnis27 tidak mengalami kerugian berarti. Hanya saja jika hal ini terus terjadi dan tidak diperbaiki maka bisnis27 juga tidak akan bisa menghasilkan keuntungan apapun. Hal ini tentunya akan berbahaya bagi posisi bisnis27 ke depannya.

Bisnis27 diantaranya terdiri dari saham milik PT. Astra Internasional, PT. Adaro Energy, PT BCA, PT BNI, PT BRI, PT Bank Danamon dan masih banyak lagi lainnya yang tergabung dengan bisnis27. Sebenarnya yang tergabung dalam bisnis27 merupakan perusahaan-perusahaan yang termasuk besar di Indonesia, maka dari itu saham berskala besar seperti Telkom tidak begitu berpengaruh pada saham milik bisnis27, namun begitu saham berskala besar itu membuat jalan bisnis27 menjadi tersandung akibat adanya saham berskala besar itu. Jika sedikit lebih berusaha, maka bisnis27 akan bisa melampaui saham berskala besar itu dan tidak lagi terhalang oleh pergerakannya.