NEWS

Menegakkan Hukum dan HAM dalam Penanggulangan Teroris di Indonesia

POSTED ON Jan 16, 2016

Apakah Anda mengetahui mengenai beberapa cara menegakkan hukum dan HAM dalam penanggulangan teroris di Indonesia? Beberapa waktu yang lalu Indonesia telah mendapatkan serangan bom yang sangat besar di Bali. Bahkan hingga saat ini di negara ini ancaman bom yang ada di beberapa pusat perbelanjaan dan pusat keramaian lainnya. Sehingga membuat ketakutan tersendiri bagi rakyat Indonesia dan perasaan cemas akan bahaya terjadinya teroris. Didalam artikel ini akan dibahas mengenai penegakkan hukum dan ham dalam penanggulangan teroris di Indonesia. Sehingga apabila Anda menggunakan penegakan yang demikian akan membuat penanggulangan terorisme dapat dilakukan tanpa perlindungan HAM menjadi terganggu. Berikut ini beberapa cara menegakkan hukum dan HAM dalam penanggulangan teroris di Indonesia.

Beberapa cara menegakkan hukum dan HAM dalam penanggulangan teroris di Indonesia yaitu

  • Penanggulangan hukum di Indonesia ini memang diharapkan harus dilakukan dengan tegas. Tujuannya agar memberikan efek jera kepada pelaku pengeboman yang mengancam kedaulatan negara. Apabila tidak ditangani dan banyak sekali korban tentunya negara kita tak akan dengan mudah dipercaya dengan negara lainnya sebagai negara yang cinta damai.
  • Pemahaman agama yang lebih jelas dan juga adanya bimbingan konseling mengenai arti jihad sebenarnya. Pelaku teror kerap sekali memberikan pendapatnya ini di media. Namun diketahui bahwa hal ini tidaklah benar. Hal ini karena membunuh diri sendiri seperti bom bunuh diri dalam Islam merupakan hal yang sangat bertentangan dengan nilai moral didalamnya.
  • Adanya terorisme yang di negara Indonesia harus diimbangi dengan adanya penegakan HAM. Hingga saat ini ada berapa korban yang sudah berjatuhan meninggal dunia hingga cacat. Untuk itu upaya penegakannya adalah dengan memberikan hukuman yang berat yang melakukan kejahatan ini.
  • Dalam upaya pencegahan orang yang termakan rayuan untuk melakukan tindakan terorisme. Maka tindakan yang sebaiknya diupayakan dengan memberikan hukuman yang setimpal dengan tindakan yang dilakukan. Misalnya menghukumnya melalui peradilan tinggi yang menjatuhkan hukuman berat. Tujuannya agar apabila seseorang menjalani tindakan ini mengetahui konsekuensi apa yang harus didapatkan. Sehingga bisa dikatakan akan memberikan efek jera yang akan membuat terorisme di muka bumi ini lenyap.