NEWS

Lemahnya Mata Uang Membuat Resah Masyarakat Indonesia

POSTED ON Jan 13, 2016

Mata uang Rupiah yang melemah beberapa waktu yang lalu merupakan sebuahkondisi ekonomi yang sangat buruk. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya dampak buruk dari krisis secara global. Kondisi ekonomi Indonesia dalam hal mata uang Rupiah yang melemah menyebabkan banyak sekali dampak buruk pada masyarakat Indonesia. Anjloknya mata uang Rupiah terhadap Dollar Amerika membuat banyak masyarakat yang merasa resah mengingat krisis moneter yang pernah terjadi di tahun 1998 yang lalu, masyarakat di Indonesia ini merasa terbebani dengan kondisi ekonomi saat ini. Mulai dari bahan-bahan kebutuhan pokok yang naik, harga bahan bakar naik, dan juga biaya listrik yang mulai dinaikkan kembali oleh pemerintah. Banyak juga pengusaha-pengusaha kecil dan besar yang mulai gulung tikar mengingat di kondisi ekonomi Indonesia sekarang ini.

Banyaknya perusahaan-perusahaan yang gulung tikar yang disebabkan karena permintaan akan barang yang terlalu sedikit dan juga kewajiban pemilik perusahaan untuk menaikkan gaji tenaga kerja yang mereka miliki. Maka dari itu banyak perusahaan yang memilih untuk memberhentikan sebagian tenaga kerja mereka demi menjaga kelancaran usaha atau mungkin memilih untuk menutup perusahaan mereka karena kondisi ekonomi yang tidak stabil sekarang ini. Tetapi perekonomian yang ada di Indonesia juga tidak bisa terlepas begitu saja dari perekonomian negara yang lainnya. Kemajuan suatu kondisi ekonomi tidak bisa terlepas dari kondisi ekonomi secara global. Maka dari itu kondisi ekonomi di Indonesia saat juga merupakan sebuah dampak dari krisis ekonomi secara global.

Banyak media-media yang berusaha untuk mengungkapkan kebenaran mengenaikondisi ekonomi yang terjadi di Indonesia sekarang ini, tetapi banyak juga yang keliru akan argumen yang dikeluarkan oleh beberapa media megenai kondisi ekonomi di Indonesia. Dalam hal perekonomian sebuah negara, negara lain tidak akan pernah lepas dari campur tangan negara-negara lain. Sebagai contohnya adalah kegiatan ekspor dan juga impor pasar internasional antar negara. Dalam kondisi ekonomi saat ini, masyarakat luas hanya berharap kalau pemerintah akan berusaha semaksimal mungkin untuk membuat stabil kembali perekonomian negara ini.