NEWS

Rencana Investasi China Belum Terealisasi

POSTED ON Dec 4, 2015

Bisnis antara Indonesia dengan negara China (Tiongkok) sebenarnya sudah memiliki banyak sekali rencana tentang investasi yang akan dilakukan oleh China dengan Indonesia. Namun investasi tersebut hingga kini belum dapat direalisasikan sepenuhnya dan hanya sekitar 10% dari rencana investasi China saja yang sudah mulai dilaksanakan. Untuk dapat melaksanakannya dengan sempurna sesuai rencana sepertinya Indonesia masih butuh untuk bekerja dengan lebih keras lagi untuk meningkatkan investasi China ke Indonesia. Negara Indonesia kini terus berusaha agar dapat mengalirkan arus modal dengan lancar dari China karena sebenarnya China pun memiliki keinginan untuk melakukan investasi di Indonesia. BKPM atau Badan Koordinasi Penanaman Modal sendiri yang mengatakan bahwa persentasi investasi itu nilainya masih rendah dibandingkan dengan rencana yang telah dibuat.

Franky Sibarani selaku ketua BPKM mengatakan bahwa untuk merealisasikan rencana tersebut, tantangan yang dilalui Indonesia tidak ringan. Franky juga mengaku bahwa hingga saat ini pun pihaknya terus menerus berusaha untuk melakukan promosi kepada pihak investor China agar tertarik dan bersedia melakukan investasi ke Indonesia. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengadakan sebuah forum di Shanghai yang bertajuk Indonesia-China Business Forum, dalam forum tersebut dihadiri sekitar 100 orang investor yang potensial di China. Bahkan demi mewujudkan hal ini, mantan ketua dari asosiasi pengusaha Indonesia atau Apindo juga akan mengadakan pertemuan dengan beberapa perusahaan di China yang tertarik untuk serius berinvestasi di Indonesia. Kerjasama bisnis ini diharapkan mampu menjadi suatu kerjasama yang bisa menguntungkan antara kedua belah pihak.

Investasi yang disebutkan akan dilakukan oleh para investor di China itu berada dalam bidang pariwisata, industri, pembangkit listrik dan pengolahan nikel. China merupakan negara yang intuisi bisnisnya sangat kuat, maka dari itulah dalam melakukan investasi pun mereka tidak pernah sembarangan dan selalu detail, itulah yang menjadi tantangan terbesar bagi Indonesia untuk mendapatkan investasi dari para investor China ini. Namun Indonesia juga patut optimis, sebab dari tahun ke tahunnya, investasi dari China sebenarnya makin meningkat meski lambat.