NEWS

Fungsi Dari Kebijakan Fiskal

POSTED ON Dec 24, 2015

Tahukah Anda tentang kebijakan fiskal dan ingin mengetahui fungsi dari kebijakanfiskal? Kebijakan fiskal tentunya sudah sering kita dengar. Kebijakan fiskal ini termasuk ke dalam bagian kebijakan ekonomi. Kebijakan fiskal diatur oleh pemerintah untuk membuat keadaan perekonomian menjadi lebih baik. Sehingga adanya pengaturan untuk mengubah penerimaan dan juga pengeluaran yang dilakukan oleh pemerintah. Kebijakan fiskal sendiri memiliki beberapa fungsi didalamnya.

Dengan kebijakan fiskal yang kuat, ekonomi negara akan semakin maju, dan perusahaan-perusahaan lokal seperti HARGEN akan bisa semakin tumbuh dan berkembang.

Berikut ini ada beberapa fungsi dari kebijakan fiskal yang bisa Anda ketahui :

1.     Fungsi alokasi

Salah satu fungsi dari kebijakan fiskal yang bisa Anda tahu adalah fungsi alokasi. Fungsi alokasi ini berguna untuk mengalokasikan barang-barang dari hasil produksi. Tentunya barang-barang hasil produksi sangat banyak dan juga tujuannya bisa disalurkan kepada masyarakat luas pada umumnya. Sehingga masyarakat menjadi terpenuhi akan kebutuhan barang-barang hasil produksi tersebut. Selain itu mendukung lancarnya pengalokasian barang produksi yang menjadi bagian dari kegiatan ekonomi yang dilakukan.

2.     Fungsi distribusi

Beberapa fungsi dari kebijakan fiskal selanjutnya yang bisa diketahui adalah fungsi distribusi. Fungsi distribusi adalah fungsi dimana untuk pemerataan dari dalam kegiatan ekonomi. Fungsi distribusi ini juga sangat penting dalam kebijakan fiskal. Karena pendistribusian ini berkaitan dengan pendapatan. Pembagian pendapatan ini biasanya dilakukan oleh pemerintah. Sehingga akan mendapatkan pendapatan yang merata dan juga tidak sampai ada kendala. Jika fungsi distribusi ini tidak ada, akan menyebabkan pendapatan yang tidak merata dari setiap daerah. Hal ini akan menimbulkan masalah dalam bidang ekonomi yang baru.

3.     Fungsi stabilitas

Beberapa fungsi dari kebijakan fiskal lainnya yang bisa diketahui pula adalah fungsi stabilitas. Fungsi stabilitas merupakan fungsi yang tentunya dijalankan oleh pemerintah. Pemerintah yang tugasnya mengatur seluruh kegiatan perekonomian dalam sebuah negara yang didalamnya terdapat beberapa daerah. Beberapa peran pemerintah didalam fungsi stabilitas adalah menciptakan kesempatan kerja bagi masyarakat yang tergolong angkatan kerja, mengatur tingkat harga sehingga harga menjadi tidak naik dan juga stabil,  sehingga akan meningkatkan tingkat ekonomi dari tahun ke tahun semakin tinggi.