NEWS

Dengan Bisnis Makanan, Anda Bisa Menggenggam Dunia

POSTED ON Nov 11, 2015

Mungkin pada tahun 1940, kakak beradik, Dick dan Mac McDonald tidak pernah menyangka bahwa usaha makanan siap saji mereka dapat go international. Bayangkan, saat ini franchise McD telah memiliki lebih dari 32.000 gerai yang menyebar di seluruh dunia. Pada tahun 2004 saja, jumlah pengunjung rata-rata tiap harinya mencapai 1.700 orang.

Anda dapat mencontoh kasus ini. Terlihat bahwa bisnis makanan memang selalu memiliki prospek yang bagus. Hal ini akan semakin menyolok apabila didukung oleh sistem manajerial dan marketing yang optimal.

Memulai Bisnis Franchise

Jangan takut gagal. Perjuangkan kegagalan itu sampai Anda mencapai kesuksesan kelak. Bisnis franchise adalah salah satu bisnis yang menggiurkan, dimana Anda tak perlu takut tak laku karena hakikatnya manusia akan selalu membutuhkan pangan untuk bertahan hidup. Yang perlu Anda lakukan adalah mencari kesempatan jenis makanan apa yang sedang in atau yang memiliki prospek bagus di masyarakat.

Setelah Anda mendapatkan produk apa yang akan Anda kembangkan, kemudian Anda harus memulai langkah franchise dengan pijakan yang kuat. Buatlah suatu analisis pasar, kapan, dimana dan siapa yang akan menjadi pangsa pasar Anda. Buat pula suatu ide kreatif yang original dalam upaya pemasaran produk makanan Anda. Selanjutnya lakukan evaluasi, apabila hasil baik, maka Anda siap untuk melakukan ekspansi franchise ke daerah lainnya.

Franchise Lokal yang Go International

Anda pasti tak asing dengan restoran siap saji Es Teler 77. Ternyata franchise ini telah berhasil mengepakkan sayapnya sampai di 4 negara tetangga, yaitu Malaysia, Singapura, Australia dan India. Asli lahir sebagai produk lokal yang mengusung makanan khas Indonesia, Es Teler 77 telah membuktikan eksistensinya dengan berhasil membuka gerai sampai dengan 180 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.

Satu hal yang penting mengenai bisnis makanan adalah bahwa Anda harus bisa menumbuhkan rasa loyalitas pelanggan terhadap Anda. Meskipun cabang telah berlipat ganda jangan sampai cita rasa makanan di restoran Anda berbeda dengan yang lainnya. Harus sama, tetap enak dan memuaskan tentunya. Pun, pelayanan terhadap pelanggan harus di nomor satukan. Ide-ide kreatif dan dinamis harus tetap dikembangkan agar pelanggan Anda tidak merasa bosan.