NEWS

China Menangkan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

POSTED ON Nov 2, 2015

Proyek pengadaan kereta cepat jurusan Jakarta-Bandung telah dipastikan oleh Pemerintah akan digarap oleh investor China. Proyek yang digadang-gadang akan membutuhkan anggaran sebesar 60 triliun rupiah itu membawa kabar gembira tentang akan hadirnya moda transportasi modern di Indonesia, meskipun baru wilayah Jakarta-Bandung. Menurut Sofyan Djalil, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), model pelaksanaan kerjasama ini sebelumnya berjalan antar pemerintahan negara investor dengan Indonesia (government to goverment) namun kemudian diubah menjadi skema model business yaitu antara investor China dengan konsorsium Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

China Menangkan Proyek

Sebelumnya China telah bersaing dengan Jepang dalam memenangkan proyek penggarapan kereta cepat jurusan Jakarta-bandung ini di Indonesia dengan model kerjasama antar pemerintah. Keduanya pun telah sama-sama mengajukan proposal untuk studi kelayakan. Namun kemudian, dengan mempertimbangkan kondisi keuangan Negara saat ini, jadilah Indonesia mengubah model kerjasama antar pemerintah ke metode bisnis dimana penyediaan anggarannya Indonesia tidak perlu merogoh kantong Negara melainkan pihak swastalah yang akan menyediakan anggarannya. Dengan perubahan skema ini, pihak BUMN Jepang atau pun swatanya tidak dapat bergabung dengan Indonesia dalam proyek tersebut karena benturan regulasi, sedangkan China tetap bersedia maju dengan skema kerjasama yang baru. Sehingga secara otomatis China memenangkan proyek dan memastikan dirinya menggarap kereta cepat jurusan Jakarta-Bandung di Indonesia. Mekanisme yang nantinya akan berjalan di lapangan, pihak Bappenas menyerahkan seluruhnya pada kementerian BUMN.

BUMN yang terlibat

Diantara Badan Usaha Milik Negara, ada empat yang akan turut terlibat pada pelaksanaan proyek pengadaan kereta cepat jurusan Jakarta-Bandung ini, diantaranya ialah PT.KAI, dan salah satu PT yang bergerak dalam bidang asuransi di Indonesia. Keempat BUMN yang tergabung dalam proyek tersebut akan bekerjasama dalam pengadaan kereta cepat jurusan Jakarta-Bandung ini.

Pelaksanaan proyek kereta cepat jurusan Jakarta-Bandung yang akan melibatkan konsorsium perusahaan plat merah ini, semoga kedepannya dapat membawa dampak yang positif pada dunia tranportasi Indonesia khususnya untuk daerah khusus ibukota Jakarta dan sekitarnya yang merupakan kota pusat pemerintahan yang selayaknya memiliki moda transportasi yans sesuai dengan julukan kota metropolitannya.