NEWS

Mengenal Genset, Sejarah dan Kegunaannya

POSTED ON Aug 13, 2015

Mengapa Disebut Generator Set?

Genset atau generator set adalah sebuah perangkat yang bisa menghasilkan listrik. Mengapa disebut generator set? Disebut generator set karena perangkat ini merupakan satu set peralatan gabungan dari 2 perangkat yang berbeda, yaitu mesin dengan generator / alternator. Pada genset, mesin berfungsi sebagai alat pemutar sedangkan generator /alternator berfungsi sebagai perangkat pembangkit listrik.

Mesin pada genset berupa mesin diesel yang menggunakan bahan bakar solar, bensin, mesin gas, dan juga mesin turbin. Mesin yang digunakan inilah yang membuat genset ada beragam jenisnya. Sedangkan generator yang terdapat di genset merupakan kumparan atau sebuah gulungan tembaga yang terdiri dari rotor (kumparan berputar) dan stator (kumparan statis).

Sejarah Generator Set

generator set adalah sebuah mesin yang ditemukan oleh dua ilmuwan dunia, yaitu Michael Faraday dan Rudolph Diesel. Pada tahun 1831, Faraday menemukan sebuah induksi elektromagnetik yang kemudian penemuan ini berkembang menjadi generator modern. Sedangkan generator diesel ditemukan oleh Rudolph Diesel yang kemudian ia mengeluarkan hak paten atas mesin yang ditemukannya tersebut pada tahun 1892.

Karena penemuan ini sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, maka mesin penghasil listrik ini mulai dikembangkan dan diproduksi secara massal. Saat ini genset mudah ditemui dimana-mana karena sudah banyak tersedia di pasaran. Mesin penghasil listrik ini umumnya digunakan di rumah sakit, pabrik, hotel, supermarket dan mall. Namun saat ini tidak jarang rumah-rumah penduduk yang mulai menggunakan genset untuk mengantisipasi jika terjadi pemadaman listrik.

Kegunaan Generator Set

Seiring berkembangnya zaman, konsumsi listrik menjadi meningkat. Kemajuan industri dan perkembangan teknologi saat ini membuat pemakaian listrik tidak dapat terhindarkan. Hampir semua aktivitas yang dilakukan manusia saat ini berhubungan dengan listrik. Itulah sebabnya mengapa listrik menjadi kebutuhan yang amat penting saat ini. Mengingat penggunaan listrik semakin meningkat, hal ini berbanding terbalik dengan persediaan listrik yang semakin lama semakin menipis, akhirnya pemerintah harus mengambil tindakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya mencanangkan penghematan listrik dan melakukan pemadaman listrik bergilir.

Karena itulah seringkali terjadi pemadaman listrik secara mendadak, tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu. Tentu hal ini akan menghambat aktivitas kita bukan? terlebih lagi jika hal ini terjadi pada perusahaan, aktivitas produksi menjadi terganggu dan akhirnya meningkatkan risiko mengalami kerugian. Untuk mengatasi pemadaman listrik mendadak maupun bergilir, para pengusaha menggunakan alternatif lain yaitu dengan menggunakan genset.

Selain di perusahaan, genset juga sering digunakan untuk mencukupi kebutuhan listrik dalam jumlah besar di daerah-daerah terpencil di Indonesia. Terlebih lagi jika tejadi bencana alam yang mengakibatkan instalasi listrik rusak, dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memperbaiki hal tersebut. Itulah berbagai alasan yang menjadikan generator set adalah perangkat yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia.