NEWS

Kepanjangan Inisial Nama Tokoh Terkenal

POSTED ON Mar 10, 2015

Banyak nama-nama orang terkenal, baik pahlawan, politikus, ilmuwan dan lain-lain yang kita sering dengar, lengkap dengan inisialnya. Tapi tahukah Anda kepanjangan di balik inisial nama tersebut?

Let. Jend. S. Parman

S. Parman mungkin sering Anda dengar sebagai nama jalan raya di samping tol dalam kota Jakarta. S. Parman merupakan singkatan dari Siswondo Parman. Beliau merupakan salah satu pahlawan revolusi Indonesia yang dibunuh pada peristiwa G30SPKI.

H. R. Rasuna Said

H. R. Rasuna Said juga namanya digunakan sebagai nama jalan raya di daerah Kuningan, Jakarta. H. R. Rasuna Said memiliki nama lengkap Hajjah Rangkayo Rasuna Said. Beliau merupakan salah satu pahlawan nasional, dan seperti Ibu Kartini, beliau banyak memperjuangkan persamaan hak antara pria dan wanita.

George W. Bush / George H. W. Bush

George W. Bush merupakan presiden Amerika Serikat yang ke-43. Dan merupakan anak dari George H. W. Bush, yang juga pernah menjabat sebagai presiden Amerika Serikat yang ke-41. George W. Bush merupakan singkatan dari George Walker Bush. Dan, George H. W. Bush merupakan singkatan dari George Herbert Walker Bush.

Jend. Besar A. H. Nasution

A.H. Nasution merupakan ketua MPRS (MPR Sementara) kedua di Indonesia. Serta, sempat menjadi sasaran pembunuhan ketika peristiwa G30SPKI. Namanya dipakai sebagai nama jalan di Bandung dan Medan. A. H. Nasution memiliki nama lengkap Abdul Haris Nasution.

Dr. J. Leimena / K. S. Tubun

Dr. J. Leiman dan K. S. Tubun merupakan pahlawan revolusi, di mana K. S. Tubun merupakan ajudan dari Dr. J. Leimena. Keduanya tewas pada saat G30SPKI. K. S. Tubun memiliki nama dan gelar lengkap Ajun Inspektur Polisi Dua Anumerta Karel Satsuit Tubun. Sedangkan, Dr. J. Leiman memiliki nama lengkap Dr. Johannes Leiman.

Let Jend. Anumerta R. Suprapto

Let. Jend. R. Suprapto merupakan pahlawan revolusi yang tewas ketika pemberontakan G30SPKI. Nama lengkap nya adalah Let. Jend. Anumerta Raden Suprapto. Anumerta di sini berarti penghargaan yang diberikan setelah meninggalnya orang tersebut, yang paling terkenal diberikan kepada 9 pahlawan revolusi yang menjadi korban ketika terjadi pemberontakan G30SPKI.

T. B. Simatupang

Let. Jend. TNI (Purn.) T. B. Simatupang merupakan tokoh militer dan Gereja di Indonesia. Beliau sempat menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Perang (KASAP) di masa Presiden Soekarno, 1950-1953. Sekarang nama beliau diabadikan sebagai nama salah satu jalan besar di kawasan Cilandak, Jakarta. Beliau bernama lengkap Let. Jend. TNI (Purn.) Tahi Bonar Simatupang.

W. R. Soepratman

W. R. Soepratman merupakan pahlawan nasional, sekaligus merupakan pencipta lagu Indonesia Raya. W. R. Soepratman memiliki nama lengkap Wage Rudolf Supratman. Hari kelahiran nya pun dikenang menjadi Hari Musik Nasional, tanggal 9 Maret.

D. I. Panjaitan / H. Panjaitan

D. I. Panjaitan merupakan pahlawan revolusi yang meninggal di Lubang Buaya ketika terjadi pemberontakan G30SPKI. D. I. Panjaitan bernama dan bergelar lengkap Mayor Jenderal TNI Anumerta Donald Isaac Panjaitan. Beliau memiliki anak bernama H. Panjaitan, yang sekarang merupakan tokoh militer dan merupakan Duta Besar Indonesia untuk Perancis, Andorra, Monako, serta UNESCO. H. Panjaitan memiliki nama dan gelar lengkap Letnan Jenderal TNI (Purn.) Hotmangaradja Pandjaitan.

T. B. Silalahi

T. B. Silalahi merupakan salah satu tokoh militer, yang juga merupakan mantan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara di masa pemerintahan Presiden Soeharto, serta menjadi ketua tim Dewan Pertimbangan Presiden pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Beliau bernama dan gelar lengkap Letjen TNI (Purn). Dr. (HC) Tiopan Bernhard Silalahi.