NEWS

Besar subsidi BBM di Indonesia

POSTED ON Aug 4, 2014

Subsidi BBM di Indonesia merupakan topik yang tidak pernah basi untuk dibahas. Dikarenakan karena besarnya jumlah subsidi yang diambil dari APBN negara, dan juga berbagai alasan bahwa subsidi tersebut sama sekali tidak tepat sasaran.

Besar Subsidi BBM di Indonesia
Besarnya jumlah APBN yang dipakai untuk subsidi terus meningkat setiap tahun nya. Di tahun 2012, nilai subsidi BBM sebesar Rp 211,9 triliun, yang merupakan 21% dari APBN. Angka yang cukup fantastis. Pada tahun 2013, anggaran tersebut berkurang menjadi Rp 199,9 triliun. Pada tahun 2014, anggaran tersebut kembali berkurang menjadi Rp 194,9 triliun.

Subsidi BBM yang Tidak Tepat Sasaran
Sebagai perbandingan, di tahun yang sama, jumlah orang yang berada di bawah garis kemiskinan adalah 28,6 juta orang. Berarti jumlah angka subsidi BBM di tahun yang sama, apabila dihapus, setiap orang yang berada di bawah garis kemiskinan bisa mendapatkan uang sebesar Rp 7,4 juta / tahun. Menurut data dari kementerian ESDM, 77% dari subsidi BBM ini dinikmati oleh 25% rumah tangga berpenghasilan tertinggi. Sedangkan hanya sekitar 20% yang dinikmati oleh 25% rumah tangga berpenghasilan menengah.

Sumber Dana Subsidi BBM di Indonesia
Indonesia secara negara belum lah merupakan negara adidaya dengan kemampuan finansial yang tidak terbatas. Sebagian dari APBN, yang berarti sebagian dari uang subsidi BBM tersebut berasal dari hutang dalam negeri dan hutang luar negeri. Hutang dalam negeri Indonesia per tahun 2012 adalah sebesar Rp. 1.944,14 triliun. Di mana Rp 1 triliun berasal dari dalam negeri dan Rp 638 triliun berasal dari luar negeri dan sisa nya adalah Surat Berharga Negara (SBN). Pada tahun 2011, hutang Indonesia adalah sebesar Rp. 1.803,49 triliun.