NEWS

Genset Silent Type Berkualitas

POSTED ON Jun 16, 2014

Genset biasanya dijual ke pengguna dalam 2 bentuk, yaitu Open Type dan Silent Type. Genset Open Type merupakan mesin dalam bentuk terbuka, untuk kebutuhan konsumen yang di lapangan tidak membutuhkan suara yang hening. Jenis yang lain, Genset Silent Type merupakan mesin yang sudah dibungkus dengan plat besi dan busa soundproofing, sehingga menghasilkan bunyi yang relatif jauh lebih hening dibandingkan Genset Open Type.

Untuk box Silent yang digunakan pun tidak boleh sembarangan. Berikut adalah ciri-ciri box yang berkualitas, yang seluruhnya ada di genset merk HARGEN®:

Memiliki ketebalan yang memadai

Box silent yang berkualitas memiliki tebal (tanpa tambahan tebal cat) antara 1,8mm – 2,8mm. Semakin tebal akan semakin kokoh dan semakin berat. Plat yang tebal dapat membantu meredam getaran dan suara yang muncul ketika genset dioperasikan.

Memiliki lubang hawa yang memadai

Mesin genset akan dioperasikan di dalam ruang tertutup (di dalam box silent). Sehingga, box silent yang digunakan harus memiliki sistem udara masuk dan udara keluar yang memadai untuk menjaga suhu mesin agar tetap normal dan tidak terlalu panas. Genset Silent Type yang bagus akan dapat menjaga suhu di bawah 80 derajat Celcius untuk pemakaian di Full Load.

Memiliki akses maintenance / perawatan

Genset Silent Type, tidak berbeda dengan mesin pada umumnya, memerlukan perawatan secara berkala. Perawatan yang dimaksud seperti pengisian air radiator, penggantian oli genset, penggantian filter oli genset, penggantian filter solar genset, penggantian filter udara genset dan lain-lainnya. Untuk sebab itu, diperlukan beberapa lubang dan pintu yang bisa digunakan untuk melakukan perawatan tersebut. Lubang yang umum di Genset Silent Type adalah lubang air radiator, lubang oli dan pintu akses ke engine.

Memiliki perlindungan terhadap api

Busa soundproof / busa peredam suara dengan kualitas bagus memiliki ketahanan terhadap api (tidak akan terbakar). Untuk melindungi apabila sampai ada suhu panas di dalam box Genset Silent Type.

Memiliki suara yang hening

Standar untuk Genset Silent Type yang berkualitas adalah maksimal 70dB untuk jarak 7 meter.