NEWS

Genset dan Komponen-Komponennya

POSTED ON Jun 1, 2014

Genset merupakan singkatan dari Power Generating Set, yang secara harafiah artinya merupakan kumpulan komponen yang bertugas untuk menghasilkan energi listrik. Genset menghasilkan energi listrik dengan mengkonversi energi panas. Energi panas tersebut dapat berasal dari beberapa sumber, beberapa nya adalah: solar, bensin dan gas alam.

Berikut beberapa bagian komponen penting dari sebuah genset:

Mesin / Engine
Mesin atau engine adalah bagian dari genset yang berfungsi untuk mengubah energi panas menjadi energi mekanik. Mesin dapat dibagi menjadi beberapa tipe, yaitu: mesin bensin, mesin diesel dan mesin gas. Mesin bensin digerakkan oleh bahan bakar bensin. Mesin diesel digerakkan oleh bahan bakar solar. Dan, mesin gas digerakkan oleh bahan bakar gas alam.

Generator
Generator adalah bagian dari genset yang berfungsi untuk mengubah energi mekanik yang telah dihasilkan oleh mesin atau engine menjadi energi listrik. Sehingga, sebagai satu kesatuan, genset akan mengubah dari energi panas (yang dihasilkan oleh pembakaran bensin, solar maupun gas alam) menjadi energi listrik. Generator akan menghasilkan energi listrik dengan voltase dan frekuensi tertentu yang sesuai dengan pemakaian.

Panel
Panel merupakan pusat kontrol dari sebuah genset. Tergantung dari rangkaian, panel dapat memiliki beberapa komponen, beberapa di antara nya yaitu: kontrol, pengaman, auto dan meter. Kontrol berfungsi untuk mengkontrol output dari genset tersebut, biasanya dalam bentuk besar voltase, ampere dan frekuensi. Pengaman berfungsi sebagai pelindung dari genset yang otomatis mematikan genset apabila temperatur berlebih, tekanan oli kurang atau air radiator habis. Auto berfungsi untuk menyalakan atau mematikan genset secara otomatis. Biasanya dipasangkan dengan rangkaian lain yang disambungkan ke PLN. Meter berfungsi untuk membaca beberapa data penting seputar genset, seperti RPM, suhu, air, tekanan oli dan lain sebagainya.