NEWS

Selama Sebulan, Listrik Balikpapan Akan Biarpet

POSTED ON Mar 10, 2014

TEMPO.COBalikpapan - Kekayaan minyak dan gas bumi di Kalimantan Timur tidak membuat warga Kota Balikpapan terbebas dari krisis listrik. Selama bulan Maret ini, Balikpapan yang dijuluki Kota Minyak (Banua Patra), bakal menghadapi pemadaman listrik bergilir.

"Ada perawatan dan perbaikan jaringan selama sebulan di Balikpapan," kata Kepala Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Balikpapan Priyo Wurianto, Senin, 10 Maret 2014. Secara bergilir, listrik pelanggan di seluruh kota akan mati selama tiga hingga empat jam. Pemutusan aliran listrik dilakukan sejak pukul 09.00 hingga 21.00 WITA.

PLN akan melakukan penelusuran dan perbaikan. Untuk pekerjaan itu, katanya, listrik harus dalam kondisi dipadamkan. Priyo hanya bisa meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dilakukan setiap hari ini. "Kami meminta pengertian masyarakat. Kami juga ada persiapan mengantispasi pemadaman itu," ujarnya.

Priyo menjamin, setelah dilakukan perawatan dan perbaikan jaringan, tidak akan ada lagi pemadaman listrik di Balikpapan yang berpenduduk 668.070 jiwa, termasuk ketika adanya gangguan akibat cuaca maupun bencana alam. (Baca: PLN Balikpapan Rugi Rp 500 Juta Akibat Banjir) 

April tahun lalu,  pemadaman listrik bergilir terjadi di Balikpapan, Samarinda, dan Tenggarong Kutai Kartanegara. (Baca: Listrik di Kalimantan Timur Padam Bergilir) PT PLN Kalimantan Timur beralasan langkah itu dilakukan karena kekurangan daya hingga 30 megawatt (MW) dan rusaknya sejumlah mesin pembangkit di sistem Mahakam.

View Detail